JOURNAL

Jumat, 14 Juni 2013

MTQ Kampar Riau ke-44 Sukses Lahirkan Bibit-bibit Unggul

BANGKINANG- Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 44 tingkat KabupatenKampar Tahun 2013 diAir Tiris Kecamatan Kamparsudah memasuki hari ke tiga. Untuk cabang-cabang tertentu pada MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Kampar tahun 2013 ini banyak sekali bibit-bibit baru yang mempunyai potensi dan kemampuan serta nantinya dapat mengharumkan nama daerah khususnya cabang hifzil Qur’an yang berasal dari Kampar.
‘’ Secara keseluruhan pelaksanaan MTQ tahun ini yang sudah memasuki hari ke tiga, Alhamdulillah berjalan dengan baik, lancar dan kondusif. Walaupun ada sedikit masalah, namun semua hal tersebut bisa di atasi oleh panitia pelaksana,’’ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama KabupatenKampar H Fairuskepada wartawan Jum’at (17/5/13).
Dikatakannya untuk cabang-cabang tertentu pada MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Kampar tahun 2013 ini banyak sekali bibit-bibit baru yang mempunyai potensi dan kemampuan serta nantinya dapat mengharumkan nama daerah khususnya cabang hifzil Qur’an yang berasal dari Kampar. Untuk itu kepada qori/qori’ah.
‘’ Khususnya yang berasal dari Kabupaten Kampar yang mempunyai potensi dan kemampuan agar tetap mencintai dan selalu meningkat kepedulian terhadap negeri sendiri dengan cara berbuat dan berusaha untuk selalu mengharum nama Kabupaten Kampar pada MTQ tingkat provinsi dan MTQ se-indonesia kelak,’’ujarnya.
Dikatakannya hal ini sesuai dengan komitmen Bupati Kampar H Jefry Noer bahwa kedepan seluruh peserta MTQ baik itu qori/qori’ah betul-betul dari Kabupaten Kampar asli hingga nantinya dapat kita banggakan dan mengharumkan nama daerah.
Sejalan dengan itu pula lanjut Fairus, untuk mewujudkan komitmen Bupati Kampar sangat diperlukan pembinaan kepada qori/qori’ah untuk dapat lebih meningkatkan kualitasnya dan dapat bersaing di MTQ tingkat provinsi maupun Indonesia.
“ Untuk mewujudkan komitmen bapak Bupati Kampar jefry Noer tersebut kita harus melakukan pembinaan-pembinaan khusus dalam artian fokus kita kepada kualitas dan SDM mereka tentang pendalaman Al Qur’an,”ujarnya.
Lebih jauh lagi Fairus menjelaskan bahwa saat ini banyak sekali qori/qori’ah yang mempunyai potensi kemudian hijrah ke daerah lain dengan alasan kurang diperhatikan dan ini menjadi sebuah PR bagi kita untuk selalu berusaha memperhatikan akan kebutuhan mereka sehingga aset daerah yang berpotensi ini betul-betul bisa menjadi kebanggan kita bersama.
Sementara itu Koordinator Bidang Musabaqah Drs H Syarizal Aziz mengatakan hingga hari ke-3 setelah pembukaan MTQ ini, secara global seluruh cabang yang diperlombakan berjalan dengan baik dan lancar serta antusias pengunjung sangat baik, ini terlihat dari banyak berdatangan pengunjung yang ingin menyaksikan langsung perlombaan ataupun melihat stan-stan bazar setiap kecamatan.
Sedangkan Cabang-cabang yang diperlombakan hari ini adalah M2KQ yang sudah masuk ke babak semi final dengan 12 peserta, khad dekorasi 18 peserta serta Thartil Quran sedangkan cabang Hifzil qur’an 1 juz dan 5 juz lanjutan dari hari kemarin.
2 Cabang MTQ akan melaju ke babak semi Final dan Final
Pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 44 tingkat Kabupaten Kampar Tahun 2013 di Kecamatan Kampar 2 cabang akan segera melaju ke babak final. 2 cabang tersebut yakni cabang M2KQ melaju ke babak semi final dan cabang Syarhil Qur’an melaju ke babak Final.
‘’ Untuk cabang M2KQ yang melaju ke babak semi final yaitu : Putra Nomor Urut 736, 748, 766, 758,756 dan 726. Untuk Putri 743,733, 741, 757,749 dan 765. Hal ini berdasarkan hasil rapat Majelis Hakim Musabaqah Menulis Kandungan Al-Qur’an (M2KQ) tingkat KabupatenKampar pada tanggal 16 mei 2013 yang ketuai oleh H Erman Gani MA,’’terang Kepala Kantor Kementerian Agama KabupatenKampar H Fairus melaluiKoordinator Bidang Musabaqah yang juga merupakan Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama KabupatenKampar H Syafrizal Aziz saat meninjau pelaksanaan MTQ hari Jum’at (17/5/13) di Masjid Raya Air Tiris.
Lebih lanjut Syafrizal mengatakan, untuk cabang Syarhil Qur’an yang melaju ke babak final sebanyak 6 peserta yakni Nomor urut 12 dengan nilai 87,51, Nomor Urut 10 dengan Nilai 87,43, Nomor Urut 19 dengan Nilai 87,35, Nomor Urut 14 dengan Nilai 87,1, Nomor Urut 08 dengan Nilai 84,35, dan Nomor Urut 05 dengan Nilai 83,85. Keputusan ini berdasarkan rapat Majelis Hakim Syarhil Qur’an tingkat KabupateKampar pada tanggal 16 mei 2013 yang di ketuai oleh H Muhammad, HL


Sumber
http://beritasumatera.ingintauaja.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank You