JOURNAL

Sabtu, 17 April 2010

Manfaat Buah dan Sayuran

Hidup sehat alami merupakan impian semua orang, juga anda tentunya. Lagipula, siapapun tidak ingin dirinya menderita sakit bukan?



Untuk sehat tubuh memerlukan vitamin dalam pola makan yang seimbang. Tanpa vitamin dan mineral, proses pemanfaatan zat gizi yang dikonsumsi tidak dapat optimal. Vitamin utama dalam buah atau sayur yang sukar digantikan oleh makanan lain adalah Vitamin C, asam folat dan golongan karoten, terutama betakaroten yang akan bekerja sebagai anti oksidan.



1. Anggur : mencegah penyakit kanker, mencegah konstipasi dan menurunkan kadar kolesterol

2. Apel : menurunkan kadar kolesterol dan gula darah

3. Alpukat : baik untuk meningkatkan berat badan karena kalorinya tinggi

4. Belimbing : kaya akan potasium, cocok untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah sariawan

5. Bengkuang : memperlancar BAB, mencegah dehidrasi, menurunkan kadar kolesterol darah dan menurunkan berat badan

6. Buah Naga : sebagai anti oksidan, anti kanker, menyembuhkan radang sendi, meningkatkan kesehatan mata dan mencegah konstipasi

7. Delima : anti oksidan, anti diare dan meningkatkan berat badan.

8. Jambu biji : anti oksidan, anti kanker dan baik untuk penderita demam berdarah

9. Jeruk bali : anti oksidan, anti kanker, menurunkan kadar kolesterol, mengobati sariawan dan menjaga kesehatan kulit

10. Jeruk keprok : anti oksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

11. Jeruk nipis : anti oksidan, anti kanker, mengobati sariawan, influensa, batuk dan mengencerkan dahak

12. Jeruk sunkist : meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat limfa, menurunkan kolesterol serta mengobati infeksi dan demam

13. Kesemek : menurunkan kadar kolesterol jahat

14. Kiwi : anti oksidan, anti kanker, mencegah influenza, mengobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh

15. Lengkeng : memperkuat limfa, mengendurkan syaraf, memulihkan tenaga, menjaga kesehatan kulit dan memperlancar saluran pencernaan

16. Mangga : anti oksidan, anti kanker, menambah kalori, meningkatkan berat badan dan mencegah konstipasi

17. Markisa : anti oksidan, anti kanker, serta menjaga kesehatan kulit dan mata.

18. Melon : anti oksidan, anti kanker, menambah kalorai, mengobati dehidrasi dan melancarkan BAB

19. Nanas : baik dikonsumsi untuk orang yang menderita radang sendi, hati2 untuk penderita diabetes (kadar gulanya tinggi).

20. Mengkudu : anti oksidan, anti kanker, menyembuhkan sariawan, influenza, memperbaiki kesehatan mata, kulit dan tulang serta memudahkan BAB

21. Pepaya : untuk penderita sembelit (susah BAB). Nilai gizinya tinggi

22. Pir : cocok sebagai selingan buat penderita diabetes karena indeks glikemiknya rendah. Mengatasi dehidrasi, mencegah konstipasi dan melancarkan BAB

23. Pisang : kandungan karbohidratnya tinggi, sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes karena karbohidratnya mudah diserap dan segera dapat menaikkan kadar gula darah. Baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi, pada saat diare (tidak dianjurkan untuk penderita gagal ginjal)

24. Rambutan : dapat meningkatkan berat badan dan mempercepat pemulihan dari sakit

25. Salak : menambah kalori dan menyembuhkan diare

26. Sawo : untuk meningkatkan kalori terutama saat baru sembuh dari sakit dan mengobati diare.

27. Semangka : kandungan gizi sangat tinggi, tidak dianjurkan untuk penderita diabetes. Sebagai anti oksidan, mencegah kanker prostat dan mencegah dehidrasi

28. Sirsak : meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar pencernaan

29. Srikaya : menaikkan berat badan , mencegah konstipasi dan baik diberikan pada saat penyembuhan penyakit

30. Stroberi : untuk memperbaiki limfa, mengobati infeksi saluran kemih, meningkatkan sekresi air liur dan cairan tubuh. Juga sebagai anti oksidan, anti virus dan anti kanker.

31. Tebu : memudahkan kerja kelenjar ludah dan air seni serta memperkuat ginjal

32. Terong belanda : sebagai anti oksidan, anti kanker serta untuk kesehatan mata dan kulit



Khasiat Kesehatan Sayur

1. Asparagus : anti oksidan, anti kanker, menjaga kesehatan tulang, mencegah dan mengobati anemia, mengobati hipertensi, serta melancarkan BAB

2. Bayam : gizi sangat tinggi, anti oksidan tinggi, mencegah penuaan dini dan mengatasi anemia. Jika dibuat jus harus segera dikonsumsi. Jika dimasak jangan terlalu lama karena kandungan gizinya akan rusak.

3. Bit : anti oksidan, anti kanker, menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kadar hemoglobin

4. Brokoli : anti oksidan, anti kanker

5. Buncis : menurunkan kadar kolesterol, anti oksidan dan anti kanker

6. Selederi : menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, memperlambat penuaan, anti oksidan, anti kanker dan mengobati dehidrasi

7. Jahe : mengurangi gejala radang sendi, migren, radang tenggorokan dan kolesterol tinggi

8. Kacang Panjang : baik untuk penderita diabetes, melancarkan BAB dan menurunkan kadar kolesterol

9. Kedelai : Baik untuk penderita gagal ginjal kronis, baik untuk wanita menopouse, menurunkan kadar kolesterol dan memperlambat proses penuaan

10. Kelapa : menambah kalori, mencegah konstipasi dan menjaga kesehatan kulit

11. Kembang Kol : anti oksidan, anti kanker, melancarkan BAB

12. Kol : anti oksidan, anti kanker, melancarkan BAB dan menghambat pertumbuhan tumor

13. Lettuce atau daun salad : mengurangi rasa sakit, khususnya sakit kepala, sebagai anti oksidan dan anti kanker

14. Mentimun : menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati dehidrasi dan menjaga kesehatan kulit

15. Tauge : tidak baik untuk penderita asam urat. Menjaga kesehatan kulit, memperlambat proses penuaan dan anti kanker

16. Tomat : mencegah kanker (terutama kanker prostat), anti oksidan, menjaga kesehatan mata dan kulit.

17. Wortel : hati2 untuk penderita diabetes karena kadar gulanya tinggi.mengandung serat tinggi, anti kanker, menjaga kesehatan mata, kulit, tulang serta melancarkan BAB




Disarikan dari Buku Terapi Jus Buah dan Sayur karangan Dr.Titi Sekarindah Ms,Sp GK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank You