JOURNAL

Minggu, 14 April 2013

Masjid Jamik Air Tiris, Struktur Bangunannya Tidak Satupun Menggunakan Paku Sama Sekali

Ada keunikan yang terlihat ketika melihat struktur bangunan Masjid Jamik Air Tiris. Masjid perpaduan Melayu-Cina ini, struktur bangunannya tidak satupun menggunakan paku tapi hanya menggunakan pasak

Masjid ini dibangun pada tahun 1901  atas prakarsa seorang ulama bernama Engku Mudo Songkal, sebagai panitia pembangunannya adalah yang disebut dengan “Ninik Mamak Nan Dua Belas” yaitu para ninik-mamak dari berbagai suku yang ada dalam seluruh kampung. Tahun 1904 masjid ini selesai dibangun dan diresmikan oleh seluruh masyarakat Air Tiris dengan menyembelih 10 ekor kerbau.

Masjid ini terletak di desa Tanjung Berulak, Pasar Usang, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Berjarak Lebih kurang 13 km dari Bangkinang, Ibukota Kabupaten Kampar dan 52 km dari Pekanbaru, Riau, Indonesia.

Di luar masjid terdapat bak air yang di dalamnya terendam batu besar yang mirip kepala kerbau. Konon, batu tersebut selalu berpindah tempat tanpa ada yang memindahkannya.
Budaya

Masjid ini selalu dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara, terutama dari Singapura dan Malaysia. Terutama dikunjungi pada bulan puasa dan setelah hari raya idul fitri yakni hari ke 7 yang di kenal hari raya puasa enam.

Arsitektur masjid ini menunjukkan adanya perpaduan gaya arsitektur Melayu dan Cina, dengan atap berbentuk limas. Keunikan masjid ini adalah, bahwa seluruh bagian bangunan terbuat dari kayu, tanpa menggunakan besi sedikitpun, termasuk paku. Pada dinding bangunan, terdapat ornamen ukiran yang mirip dengan ukiran yang terdapat di dalam masjid di Pahang, Malaysia



Source
Kabartv

2 komentar:

  1. magnificent publish, very informative. I'm wondering why the other experts of this sector do not understand this. You must continue your writing. I am sure, you have a great readers' base already!


    Also visit my web blog ... earn money uploading videos

    BalasHapus
  2. I usually do not write many responses, but i did a few searching and wound up here "Masjid Jamik Air Tiris, Struktur Bangunannya Tidak Satupun Menggunakan Paku Sama Sekali".

    And I do have 2 questions for you if it's allright. Is it only me or does it look as if like a few of these comments come across like written by brain dead folks? :-P And, if you are posting on additional online sites, I would like to follow anything fresh you have to post. Could you list of the complete urls of your social pages like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

    Stop by my website: Mario Lemieux Black Jersey

    BalasHapus

Thank You