JOURNAL

Rabu, 20 April 2011

Bupati Buka Seminar Generasi Emas Kabupaten Kampar

SDM Kabupaten Kampar harus terus dipacu peningkatan kualitasnnya. Salah satunya dengan menggelar seminar bertema 'Generasi Emas Pendidikan' yang dibuka Bupati Burhanuddin Husin.

Riauterkini-BANGKINANG- Kurangnya tenaga pengajar, kompetensi dan kualifikasi guru yang belum memadai masih membelit dunia pendidikan di Kabupaten Kampar. Padahal dari berbagai aktifitas pembangunan kata kuncinya adalah Sumber Daya Manusia ( SDM ).

’' Sarana dan prasarana yang kita miliki sudah lebih dari cukup. Namun dewasa ini dunia pendidikan kita lebih banyak bergelut pada persoalan kompetensi, sertifikasi maupun pemerataan guru pada setiap daerah. Padahal ditengah persaingan yang semakin kompetitif SDM yang handal adalah jawabannya ” sebut Bupati Kampar, Burhanuddin Husin, saat memberikan pengarahan sekaligus membuka secara resmi seminar sehari generasi emas pendidikan di kabupaten Kampar di aula Kantor Bupati Rabu (15/12/10).

Bupati juga menyorot masalah angka kelulusan yang setiap tahun sebenarnya cukup mencengangkan. Setiap tahun angak kelulusan di Kabupaten Kampar disetiap tingkatan cukup tinggi bahkan di propinsi Riau Kampar selalu mendominasi. Namun menurut Bupati angka kelulusan tersebut hanya pada kuantitas bukan kualitas. Akhirnya yang terjadi, siswa-siswi sulit bersaing masuk ke Perguruan Tinggi pavorit,”Artinya kita hanya terjebak pada prestise yang sebenarnya bukan substansi dari persoalan yang ada. Oleh karena itu saya mengharapkan dunia pendidikan Kampar harus menciptakan manusia yang berkarakter, mempunyai etika moral dan kerpribadian yang kuat, ” sebutnya.

Kedepan Pemkab Kampar terus berupaya membangun dunia pendidikan dengan melakukan langkah-langkah seperti pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana, penyelenggaraan pendidkan yang bermutu, murah dan terjangkau, meningkatkan jumlah guru dan mutu tenaga pendiddik, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi serta meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik.

Bupati juga mengakui walaupun setiap tahun menganggarkan dana diatas 20% dari APBD,tidak serta merta mampu menjawab berbagai persoalan dan masalah yang terjadi. Segenap stake holder yang ada harus bahu membahu untuk membangun dunia pendidikan di kabupaten Kampar.

Untuk saat ini berdasarkan data yang ada, jumlah TK Negeri maupun swasta berjumlah 293 sekolah dengan jumlah murid mencapai 1.150 orang, SD 459 sekolah dengan jumlah murid 95.639 orang, SMP 102 sekolah dengan jumlah murid 25.293 orang, serta SMA/SMK negeri dan swasta sebanyak 53 buah dengan jumlah murid yang mencapai 17.614 orang. Selain itu di Kabupaten Kampar juga terdapat tiga perguruan tinggi yakni sekolah Tinggi ilmu kesehatan (STIKes) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Politeknik Kampar (Polkam).

Hadir pada acara tersebut sekaligus menjadi pembicara, Dirjen Dikti Kemendiknas, Pof. Dr. Joko santoso. Kadispora, Alfi Syahri, Kepala Sekolah, serta ratusan siswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank You