Aternatif Strategi Pembalajaran
Mata pelajaran : PPKn
Kelas :
Materi pelajaran : Hak Asasi Manusia.
Pembelajaran : CTL
A. Konstuktuvisme (Landasan Berpikir)
Pengatahuan di bangun oleh manusia sedikit demi sedikit.
Untuk menjelaskan materi pembelajaran hak asasi manusia , siswa diminta untuk mengkontruksikan (konsep hak asasi) dengan pengalamannya sendiri dari hasil pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
Melalui konsep hak asasi manusia, guru harus menyadarkan siswa agar menerapkan strategi tentang hak asasi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
B. Bertanya (Questioning)
Pengatahuan yang dimiliki seseorang selalu bermula dari bertanya.
Guru memberikan beberapa pertanyaan pada siswa tentang hak asasi manusia
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya kepada siswa lain
Guru memberikan kesempatanpada siswa untuk bertanya
Guru beserta siswa membahas semua pertanyaan yang ada.
C. Masyarakat belajar (Learning Community)
Guru membentuk kelompok belajar siswa
Setiap kelompok beranggotakan 5 orang
Setiap kelompok mencari informasi tentang hak asasi manusia di lingkungan masyarakat
Hasil kerja kelompok di bacakan di depan kelas
D. Pemodalan (Modeling)
Cara belajar mengoperasikan sesuatu
Siswa diminta untuk melakukan dialog
Siswa di mutlak mengajukan pertanyaan tentang hak asasi manusia
E. Menemukan (Inguiry)
Menemukan merupakan inti hasil belajar
Diharapkan siswa dapat merumuskan masalah tentang hak asasi manusia
Siswa dapat mengamati informasi langsung melalui masyarakat, televise dan media cetak
Siswa membacakan hasil temuannya di depan kelas pada teman-temannya.
F. Refleksi (Reflektion)
Pada akhir pelajaran siswa diberi kesempatan berpikir mengenai materi pembelajaran
Pernyataan siswa tentang konsep pelajaran hak asasi manusia
Siswa diberi rangkuman pembelajaran
Kesan yang diperoleh siswa
G. Penilain (Authentic Assesment)
Tugas kelompok
Diskusi
Tes / Evaluasi
Tugas Individu
JOURNAL
Senin, 07 Juni 2010
ALTENATIF STRATEGI PEMBELAJARAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Thank You