JOURNAL

Sabtu, 19 Januari 2013

Objek Wisata Baru Kampar Riau : Penemuan Tujuh Air Terjun dan Gua di Kabupaten Kampar Riau

Penemuan Tujuh Air Terjun dan Gua di Kabupaten Kampar Riau  
KAMPAR, Penemuan fenomenal ini ditemukan oleh tim inovasi SMA 2 Bangkinang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau 2010 lalu. Penemuan tujuh air terjun dan gua yang fenomenal ini berada di kawasan hutan lindung Batang Kapas, Kecamatan Lipat Kain dan Koto.

Penemuan fenomenal tersebut tidak hanya air terjun dan goa, tetapi juga beberapa keunikan yang lain, yaitu :

1. Ada Tempat Pemandian Putri Raja di Tengah Hutan Rimba

Tempat mandi itu bak pemandian para putri raja. Dihiasi berbagai tumbuhan yang unik dan cantik. Selain itu ada pula goa alam yang dinilai angker.

Penemuan obyek wisata yang menjanjikan tersebut, tersembunyi di tengah hutan larangan di wilayah Kabupaten Kampar.

2. Di Dalam Gua Ditemukan Tempat Tidur Putri Raja

Di dalam goa juga terlihat tempat tidur yang sudah membatu. Bahkan ada jejak kaki besar yang diyakini milik kaki orang dahulu. Ternyata goa ini menyusuri lorong-lorong ke arah Candi Muara Takus.

3. Anggrek Raksasa Berdiamater 1 Meter Lepaskan Rasa Penat

Tanaman sejenis anggrek raksasa berwarna kebiruan berhasil ditemukan di kawasan air terjun hutan lindung Batang Kapas. Anggrek itu berdiamater 1 meter dengan tinggi batang penyangga mencapai 5 meter.

Bunga ini termasuk aneh. Belum pernah terlihat sebelumnya baik di media maya maupun dalam buku-buku ilmiah lainnya. Apalagi, mahkota bunga bersinar dengan warna kebiruan.

Data terkini, jenis anggrek terbesar di dunia, ternyata berada di indonesia, yang dikenala Anggrek Tebu, memiliki nama latin Grammatophyllum speciosum. Anggrek tersebut sering disebut Anggrek Ratu atau Anggrek Harimau. Bahasa Inggris sering disebut Sugar Cane Orchid, Giant Orchid, atau Queen of the Orchids, menyadang predikat sebagai Anggrek Terbesar.

Atas penemuan itu, anggrek itu diberikan nama Sispala Inovasi. Sesuai nama tim ekspedisi yang menemukannya.

Penemuan fenomenal tersebut menjadi suatu kebanggaan bagi Negeri Lancang Kuning yang masih memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan belum terjamah oleh tangan manusia. 

Sumber:

Riau 24

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank You