JOURNAL

Selasa, 19 April 2011

PARIWISATA MERANTI (Tourism Place in Meranti Regency of Riau Province)

Pemandangan waterfront ( kota di pinggir laut) dari terminal feri Salah satu pemandangan terbaik di Selat panjang mungkin saja adalah pemandangan water front-nya, yang sangat baik jika dilihat dari terminal feri, terutama kali di pagi hari.
Tasik Putri Pepuyu berlokasi Desa Tanjung Padang / Pulau Padang Merbau, merupakan daerah ditengah hutan lindung yang belum banyak disentuh oleh manusia sehingga belum ada kerusakan dan perubahan. Tasik Putri Pepuyu terkenal denga legenda tentang cinta Raja Terubuk dan Putri Pepuyu yang tidak kesampaian. Tasik Putri Pepuyu mempunyai potensi wisata seperti berkemah, berperahu dan lain-lain.
Tasik Nambusberlokasi di Desa Tanjung, pulau Tebing Tinggi, kira-kira 30 menit dengan menggunakan jalan darat dari pelabuhan Selat Panjang. Tasik Nambus dikelilingi hutan lindung, selama bulan syafar masyarakat setempat melakukan pemandian di danau ini.
Tasik Air Putih Satu-satunya tasik terlebar di kabupaten Kepulauan Meranti yaitu 800 meter yang terletak di Pulau Rangsang sebelah selatan Kota Selatpanjang. Tasik ini dapat dicapai melalui Desa Teluk Samak dan Desa Tanjung Samak yang merupakan ibukota Kecamatan. Di sepanjang tepi tasik ditumbuhi oleh pohon palem merah menjadikan fenomena keunikan yang tidak dijumpai di tasik lain. Selain itu, terdapat juga pulau yang berada di tengah tasik yang menjadikan nilai tambah.
Pulau Legenda Dedap Durhaka, berlokasi di Selat Bengkalis, Kecamatan Merbau, pulau yang mempunyai legenda sama seperti legenda Malin Kundang di Padang, kisah seorang anak lelaki Melayu yang telah merantau kaya raya  yang bernama Dedap yang durhaka kepada ibunya dan dikutuk. Di pulau ini terdapat pohon mempelam (mangga) yang mana buah bagian atasnya manis rasanya dan bagian bawah asam rasanya dan terdapat sepasang kera sebagai penunggu pulau ini.
M akam J.M. Tengkoe Soelong Tjantik Saijet Alwi Pada tahun 1880, Pemerintahan di Negeri Makmur Tebing Tinggi dikuasai oleh J.M. Tengkoe Soelong Tjantik Saijet Alwi yang bergelar T. Temenggung Marhum Buntut. Pada masa pemerintahannya ter j adi polemi k dengan pihak Belanda yaitu Konteliur Van Huis mengenai perubahan nama Negeri. Pihak Belanda mengubahnya dengan nama Selatpanjang, namun tidak disetujui oleh J.M. Tengkoe Soelong Tjantik Saijet Alwi. Akhirnya berdasarkan kesepakatan bersama Negeri Makmur Tebing Tinggi berubah menjadi “Negeri Makmur Bandar Tebing Tinggi Selatpanjang”. Beliau mangkat pada 1908.
Sarang burung wallet Seperti di daerah lainnya di Riau, contohnya di Bengkalis dan Pulau Karimun, sarang burung wallet merupakan usaha yang berkembang di selat panjang. Sarang burung sebenarnya terbuat dari air liur burung walte yang mengeras yang merupakan makanan lezat bagi masyarakat keturunan cina. Burung walet sebenarnya membuat sarang di dalam rumah, dan banyak masyarakat tempatan yang mendesain lantai atas tumah mereka untuk menarik burung walet membuat sarang. Photo ini memperlihatkan rumah sarang burung walet di Selat Panjang. Apakah anda melihat lubang besar di lantai atas? itu sebenarnya pintu untuk keluar masuk burung walet, dan mereka akan kembali lagi ke rumah walet yang sama setiap hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank You