JOURNAL

Selasa, 15 Desember 2009

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 17 SIAK (SMA NEGERI 17 SIAK)

LAPORAN PELAKSANAAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)

Mahasiswa Strata Satu (S1) Tahun Akademik 2009-2010







Lokasi :
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 17 SIAK (SMAN 17 SIAK)
Jln. Amd Desa Pinang Sebatang Timur
Kec. Tualang Kab. Siak



Peserta :

Ari Satria : 10614003481
Seprinaldi : 10614003480
Melilia : 10614003478
Masfufah : 10611002946




FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
1430/2009

PENGESAHAN

LAPORAN PELAKSANAAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)

Mahasiswa Strata Satu (S1)
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Tahun Akademik 2009-2010

Lokasi :
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 17 SIAK (SMAN 17 SIAK)
Jln. Amd Desa Pinang Sebatang Timur
Kec. Tualang Kab. Siak

Peserta :

Ari Satria : 10614003481
Seprinaldi : 10614003480
Melilia : 10614003478
Masfufah : 10611002946


Disahkan Oleh:

Kepala SMAN 17 Siak Pembimbing




Drs. Damsuar M.M Dra. Alfiah, M.Ag
NIP.131 915 646 NIP. 197205101998032006





KATA PENGANTAR

Puji syukur panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufik dan hidayahNya, sehingga dapat menyelasaikan laporan ini. Selanjutnya shalawat serta salam tidak lupa disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW.
Akhirnya laporan ini dapat diselesaikan dan dibuat sebagai salah satu melengkapi Pogram Pengalaman Lapangan untuk memenuhi tugas akhir PPL dari Universitas Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau Pekanbaru yang diikuti oleh mahasiswa smester 7 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang tersebar ke beberapa daerah di Propinsi Riau khususnya laporan ini menggambarkan umum keadaan sekolah SMA Negeri 17 Siak yang bertempat di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.
Dalam laporan ini tidak lepas dari bimbingan dan dorongan dari beberapa pihak, antara lain:
1. Bimbingan orang tua berupa materil dan moril sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik.
2. Ibu Dra. Alfiah, M.Ag selaku pembimbing dan sekaligus sebagai dosen pembimbing.
3. Bapak Drs. Damsuar, M.M selaku kepala sekolah SMA Negeri 17 Siak
4. Serta guru-guru SMA Negeri 17 Siak dan teman-teman yang telah membantu dan memberi masukan-masukan.
Demi kesempurnaan laporan ini dimasa yang akan datang, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca. Akhir kata kami ucapkan terima kasih.

Tualang, Desember 2009


Mahasiswa Praktik

RINGKASAN EKSEKUTIF


Program Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran untuk berlatih secara bertahap dan sistematis dalam mengenal lapangan tugas profesional serta menerapkan segala kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor yang telah dikuasai melalui kegiatan perkuliahan ke dalam kancah dunia praktis lembaga pendidikan.
Sekolah Menengah Atas Negeri 17 Siak merupakan salah satu sekolah yang menjadi tempat program ini dan mengirim 4 mahasiswa untuk melakukan praktik yangmana berasal dari jurusan Bahasa Inggris dan jurusan Pendidikan Agama Islam. Pada sekolah ini memeliki sarana-dan prasarana yang memadai serta memeliki pengajar yang berkualitas yangmana bersesuaian dengan kelas Reguler, kelas Mandiri, kelas Internasional.









DAFTAR TABEL

Tabel I Keadaan Agama Siswa ………………………………………………… 1
Tabel 2 Keadaan guru dan pegawai T.P 2004-2005 …………………………… 3
Tabel 3 SDM ………………………………………………………………… 7
Tabel 4 data sarana SMAN 17 Siak ……………………………………………… 3
Tabel 5 data prasarana SMAN 17 Siak ......... ……......…………………………… 7



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa sebagai calon guru untuk berlatih secara bertahap dan sistematis dalam mengenal lapangan tugas profesional serta menerapkan segala kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor yang telah dikuasai melalui kegiatan perkuliahan ke dalam kancah dunia praktis lembaga pendidikan.
Pengalaman lapangan dan penerapan berbagai kemampuan perlu dilakukan secara bertahap dan sistematis karena pada dasarnya pembentukan kemampuan professional keguruan tidak dapat dilakukan secara serentak atau secara kebetulan.
Guru adalah profesi yang pada mulanya dianggap oleh masyarakat Indonesia sebagai pekerjaan yang mulia dan luhur. Karena mereka adalah orang yang berilmu, berakhlak jujur, baik hati, disegani, serta menjadi tauladan masyarakat. Kompetensi utama yang harus dikuasai guru adalah membelajarkan peserta didik. Namun demikian, kompetensi ini tidak berdiri sendiri, terpisah, dari kemampuan yang lain karena untuk mengajar di kelas diperlakukan kemampuan yang mendasarinya.
Sekolah Menengah Atas Negeri 17 Siak, yang terletak di Jln. Amd Desa Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Propinsi Riau merupakan salah satu lokasi pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan yang dimulai sejak tanggal 1 Oktober 2009 sampai dengan 5 Desember 2009. Panitia Program Pengalaman Lapangan Universitas Islam Negeri Suska Riau Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menurunkan mahasiswa yang berjumlah 4 orang di Sekolah Menengah Atas Negeri 17 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Propinsi Riau.

B. Ruang Lingkup
PPL adalah kegiatan pembelajaran mahasiswa siswa yang dilakukan di lembaga pendidikan yang meliputi SD, MI, MTs, SMP, MA, SMA dan SMK yang terdiri atas kegiatan latihan mengajar, membimbing siswa, mempelajari administrasi madrasah/sekolah, menciptakan suasana religius dimadrasah/sekolah, dan tugas – tugas kependidikan yang lain secara terbimbing dan terpadu sebagai wahana pembentukan profesi keguruan.
Pada program PPL yang dilaksanakan pada sekolah menengah atas negeri 17 Siak ini dikirim 4 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Pekanbaru, 3 mahasiswa dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan 1 mahasiswa berasal dari jurusan Pendidikan Agama Islam kosentrasi Akidah Akhlak.


C. Tujuan
Adapun Tujuannya adalah :
1. Memberikan pengalaman pembelajaran kepada mahasiswa tentang
a. Kegiatan pembelajaran di kelas
b. Layanan bimbingan siswa
c. Administrasi sekolah
d. Penciptaan suasana religius di sekolah
e. Dan tugas-tugas keguruan lain yang terkait untuk menjadi guru yang profeional.
2. Mengembangkan Program sekolah yang dibuat dari tahun ke tahun
3. Meningkatkan mutu hasil pendidikan di SMA Negeri 17 Siak
4. Meningkatkan taraf / mutu sekolah ( SMA Negeri 17 Siak )
5. Meningkatkan Profesionalisme guru – guru ( Pendidik ) dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 17 Siak.
6. Menjadi SMA Negeri 17 Siak sebagai sekolah percontohan di Kecamatan Tualang khusus dan di kabupaten Siak umumnya.
7. Melahirkan satu sekolah ( SMA ) yang berwawasan keunggulan bertaraf Nasional dan Internasional
D. Manfaat
Pada umumnya PPL ini bermanfaat untuk menumbuhkan kemampuan professional keguruan pada diri mahasiswa sebagai calon guru. Adapun secara rinci manfaatnya adalah:
1. Mengakrabkan mahasiswa dengan dunia sekolah
2. Mengembangkan kemampuan untuk menguasai dan menerapkan berbagai ketrampilan dasar mengajar dan ilmu-ilmu pendidikan di lapangan
3. Mengembangkan kemampuan mengajar mata pelajaran serta melaksanakan tugas lain sebagai guru sekolah menengah dengan memanfaatkan bantuan professional dari para pembimbing dan guru pamong.
4. mengembangkan kemampuan untuk mengajar dan melaksanakan tugas lain sebagai guru sekolah menengah secara mandiri.






BAB II
DESKRIPSI SECARA UMUM SMA N 17 SIAK

A. Sejarah berdirinya SMA N 17 SIAK
SMA N 17 SIAK berawal dari SMA N 3 TUALANG. Sekolah ini berdiri pada tahun 2004, pada awal berdiri sekolah ini baru terdapat beberapa ruangan yang terdiri dari 6 lokal, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha, dan ruang osis.
Pada mulanya kepala sekolah sebagai Pelaksana Harian (PLH), pada awal juli 2004 PLH dilaksanakan oleh Drs. Soritua Hasibuan, Maret 2005 oleh Gusneti, S.Pd dan pada bulan Oktober kepala sekolah yang tetap/definitif yaitu drs. Damsuar, MM.
Pada tahun pelajaran 2004-2005 jumlah seluruh siswa 91 dengan jumlah siswa perempuan 49 orang dan jumlah siswa laki-laki 42 orang. Siswa ini terdiri dari beberapa agama, yaitu antara lain:
Agama L P
Islam 43 32
Protestan 4 7
Katolik 1 1
Budha 3 1
Tabel 1. Keadaan Agama Siswa



Sedangkan keadaan guru dan pegawai pada T.P 2004-2005 terdiri dari:
NO NAMA NIP KET
1 Drs. Soritua Hasibuan 131 850 073 Kepala Sekolah
2 Gusneti, S.pd 131 421 670 B. Indonesia
3 Hj. Aidar 131 769 631 Guru Kesenian
4 Nova Zemla 131 946 938 Guru Matematika
5 Desmawati, SSi Guru Kimia
6 Izhar, S.Hi Guru Agama Islam
7 Riyendra, S.Pd Guru B. Inggris
8 Ady Guna T, SE Guru Ekonomi
9 Raemadhona, S.Sos Guru Sosiologi
10 Rizaitun TU
11 Syamsurizal Penjaga Sekolah
Tabel 2. Keadaan guru dan pegawai T.P 2004-2005
Adapun pergantian nama SMA N 3 TUALANG menjadi SMA N 17 SIAK telah disahkan pada tanggal 17 Agustus 2009 berdasarkan SK Bupati dengan nomor : 283/HK/KPTS/2009.
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMA Negeri17 SIAK memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam visi dan misi sekolah sebagai berikut :
VISI: Unggul dalam kualitas dan mampu berkompetitif dalam melanjutkan perguruan tinggi dan memasuki dunia kerja, yang beriman dan takwa kepada Allah.
Untuk mewujudkannya, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi sekolah sebagai berikut :
MISI: Misi dari sekolah ialah
a. Menciptakan warga sekolah yang harmonis dan sejahtera
b. Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan anak didik berkualitas tinggi yang mampu berkompetisi melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi dan mampu bersaing dalam dunia kerja
c. Menjadikan sekolah sebagai salah satu sekolah percontohan dilingkungan Kab. Siak pada tingkat SMA dan bertaraf Nasional dan Internasional untuk jangka panjang.







B. Struktur organisasi madrasah/sekolah




















C. Kurikulum
Materi diajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 17 Siak ini berdasarkan kurikulum KTSP 2006, baik kelas reguler, kelas mandiri dan kelas Internasional. khusus untuk kelas Interrnasional dan kelas Mandiri tetap memakai kurikulum KTSP tapi dalam bentuk Sistem Kredit Semester (SKS) pengembangnya dikembangkan dengan menggunakan bahasa Inggris untuk Mata Pelajaran :
1. Bahasa Inggris
2. Fisika
3. Biologi
4. Kimia
5. Matematika
6. Komputer (Teknik Informatika )
Materi ajar disajikan setiap pertahunnya berbentuk hand out atau modul dengan menggunakan Bahasa Inggris sederhana sehingga mudah dimengerti sambil melatih anak peserta didik menggunakan Bahasa Inggris ilmiah. Sedangkan untuk kelas Mandiri aplikasinya belum tercapai, tetapi kelas Internasional terselenggara dengan baik.

D. Sumber daya manusia






























































E. Sarana dan Prasarana
Data Sarana SMA Negeri 17 Siak
No Ruang Jml Keadaan Ket
Baik Rsk Ringn Rsk Berat
A.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
B
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12




13



14
15
16
C
1
2
3
D
1


2
3
4
5


6 PERABOT / MEUBELER
Meja kursi murid
Kursi Murid
Meja kursi Kepala Sekolah
Meja kursi wakil kepala sekolah
Meja ketua peningkatan mutu
Kursi ketua peningkatan mutu
Meja guru
Kursi guru
Lemari
Kursi putar
Sofa
Lemari
Rak penyimpanan/Filling Cabinet
Kursi Plastik Sandaran
Kursi Plastik Tdk Pakai Sandaran
Meja Serba Guna (Ruang IPA)
Kursi Bundar (Ruang IPA)
Whiteboard Besar
Whiteboard Kecil
Meja Komputer
Meja TIK
Kursi Bulat
Almari Peta
Almari Katalog
Almari Kardeka
Rak kamus
Rak satu muka
Rak dua muka
Meja Serba guna (R.Pustaka)
Rak rekaman (R.Pustaka)
Rak Surat Kabar (R.Pustaka)
Meja individual (R. Pustaka)
Meja Sirkulasi (R.Pustaka)
Rak majalah (R.Pustaka)
Kursi murid (R.Pustaka)
Meja Kerja (R.Pustaka)
Almari Buku (R.Pustaka)
Almari Alat (R.Pustaka)
Ginset
Amplivier
TOA
Garpu Tala
Tempat Tidur
Kasur
ALAT PERAGA / PRAKTEK
Alat praktek Fisika
Alat praktek Biologi
Alat praktek Kimia
Alat praktek Matematika
Alat praktek Bahasa
Alat peraga IPS
Alat Olahraga
Alat Keterampilan
Alat Kesenian
Alat Rebana
Alat kebersihan
a. Sapu lantai
a. Tong sampah
b. Mesin Pemotong rumput
c. Vacum cleaner
Alat Mesin Kantor (genset)
a. Mesin Stensil
b. Mesin Ketik
c. Mesin Fhotocopy
Komputer
Laptop
Printer
BAHAN PRAKTEK
Bahan Praktek Fisika
Bahan Praktek Biologi
Bahan Praktek Kimia
BUKU-BUKU
Buku Pelajaran Pokok
a.Guru (Buku Pelajaran)
b.Siswa (Buku Paket)
GBPP / Kurikulum
KTSP
Sylabus Bidang study
Buku Bacaan / Perpustakaan
a. Buku Fiksi
b. Buku Non Fiksi
Buku Sumber (Referensi)
420
420
1
4
1
1
26
26
18
5
1
18
6
100
70
40
40
11
2
21
10
42
1
1
1
1
1
1
16
1
2
20
2
2
50
3
3
2
1
1
1
1
2
2

x
x
x

20
x
x

x
x


22
2
1
1


1
1
22
3
3

x
x
x

180
9730
29
3
3
20

76
45

x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x

x
x
x

x
x
x

x
x


x
x
x
x


x
x
x
x
x

x
x
x

x
x
x
x
x
x

x
x










































































Fhotocopy
Asli
Asli



Tabel 4. data Sarana SMAN 17 Siak

Data Prasarana SMA Negeri 17 Siak
No Ruang Jml Keadaan Ket
Baik Rsk Ringn Rsk Berat
A
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
B
1
2
3
4
5
6
C
1
2
3
4
5




6
7
8 RUANG PENDIDIKAN
Ruang Teori / Kelas
Ruang Laboratorium Fisika
Ruang Laboratorium Biologi
Ruang Laboratorium Kimia
Ruang Laboratorium Bahasa
Ruang Laboratorium Matematika
Ruang Labor Komputer
Ruang Perpustakaan
Ruang Olahraga
Ruang Bimbingan
RUANG ADMINISTRASI
Ruang Kepala Sekolah
Ruang Wakil Sekolah
Ruang Guru
Ruang Tata Usaha
Ruang produksi / penggandaan
Gudang
RUANG PENUNJANG
Ruang Ibadah / Musholla
Ruang Koperasi Siswa
Ruang OSIS/PRAMUKA/PMR
Ruang Serba guna
Ruang Kamar mandi/WC :
a. Kepala Sekolah
b. Majelis
c. Siswa
d. UKS
Ruang UKS
Ruang Kantin/Kafetaria
Ruang Dinas 1 Unit
12
1
1
1
1
-
1
1
-
1

1
1
1
1
-
-

1
-
-
-

1
1
3
2
1
3
2
x
x

x


x


x

x
x
x
x



x




x
x
x
x
x
x
x

Jumlah ruang yang dibutuhkan sebanyak 6 ruang, yang ada 12, 1 kelas internasional di Lab. Bahasa sedangkan 6 lokal kelas satu masuk sore

Menumpang dikelas





















Kopel
Tabel 5. data prasarana SMAN 17 Siak


















BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN PPL

A. Praktik Pembelajaran
1. Pembelajaran Intrakurikuler
a. Penyusunan Silabus
b. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
c. Pengamatan terhadap pembelajaran guru pamong di ruang kelas
d. Praktek mengajar terbimbing di kelas di awasi langsung oleh guru pamong
e. Praktek mengajar mandiri di kelas
f. Ujian praktek mengajar, di uji oleh guru pamong dengan menggunakan instrument penilaian yang tersedia
2. Pembelajaran Ekstrakurikuler
a. Pengembangan bidang kesenian
1) Tari
2) Rebana
b. Pengembangan dalam bidang olahraga
1) Bola volley
2) Bola kaki
3) Takrau
c. Passus, Pramuka
d. PMR
e. KIR
f. Kerohanian
B. Praktik administrasi Madrasah/sekolah
1. Administrasi kurikulum
a. Penyusunan KTSP
b. Pengembangan Sillabus
c. Penyusunan Kalender Pendidikan
d. Penyusunan Program Tahunan
e. Penyusunan Program Semester
f. Penyusunan Perhitungan Minggu dan Jam Efektif
g. Kajian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
h. Pengembangan Indikator
i. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2. Administrasi kesiswaan
3. Administrasi perkantoran
a. Pengelolaan Administrasi Perpustakaan
b. Pengelolaan administrasi kepegawaian
c. Pengelolaan administrasi perlengkapan

BAB IV
ANALISIS DAN TEMUAN

A. Analisis
1. Faktor pendukung
a. Sistem sekolah yang kompetitif yang menuntut peningkatan pelayanan kepada masyarakat
b. Suasana kerja yang menuntut adanya guru yang berprestasi
2. Faktor penghambat
a. Keterbatasan kewenangan guru bidang studi yang terlihat dalam pengaturan kelas
b. Keterbatasan waktu dalam persentase sebuah materi sehingga guru tidak dapat melakukan visualisasi dan presentase meteri pelajaran yang lebih variatif
B. Temuan

Pada Sekolah Menengah Atas Negeri kami mahasiswa praktik menemukan di sekolah ini memiliki sekolah yang berwawasan keunggulan yang bertaraf Nasional sekaligus bertaraf Internasional serta memiliki guru dan tenaga kependidikan yang professional dan terampil pada bidangnya. Ada tiga macam kelas di sekolah ini yaitu kelas Internasional, kelas mandiri dan kelas reguler. Dimana kelas Internasional merupakan kelas yang menggunakan KTSP yang telah dibentuk dalam Sistem Kredit Semester (SKS) dan muridnya bisa menamatkan dalam waktu 2 tahun. Guru sebelum menyajikan materi wajib membuat modul / Hand Out yang akan disajikan pada setiap harinya dan ditulis dalam bahasa Inggris. Hand out yang dibuat dibagikan kepada anak ( peserta didik ) dan disajikan melalui infokus atau OHP. Kemudian siswa dibimbing menyajikan materi yang dibahas, sehingga mereka bisa terbiasa mengaplikasikan, menganalisa dan menemukan ilmu-ilmu baru dalam suatu pelajaran.













BAB V
PENUTUP

A. Kesimpulan
Program Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran untuk berlatih secara bertahap dan sistematis dalam mengenal lapangan tugas profesional serta menerapkan segala kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor yang telah dikuasai melalui kegiatan perkuliahan ke dalam kancah dunia praktis lembaga pendidikan.
Sekolah Menengah Atas Negeri 17 Siak merupakan salah satu sekolah yang menjadi tempat program ini dan mengirim 4 mahasiswa untuk melakukan praktik yangmana berasal dari jurusan Bahasa Inggris dan jurusan Pendidikan Agama Islam. Pada sekolah ini memeliki sarana-dan prasarana yang memadai serta memeliki pengajar yang berkualitas yangmana bersesuaian dengan kelas Reguler, kelas Mandiri, kelas Internasional.
B. Saran
Kami berharap kepada semua baik pembaca, guru, siswa serta pemerintah agar:
1. Mengadakan seminar terhadap guru agar lebih meningkatkan keprofesionalisme dalam meningkatkan mutu pendidikan.
2. Melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan sehingga tidak ada lagi yang kurang
Daftar Pustaka

America Library Association. “Statement on professional ethics adopted ny ALA
Council, June 30, 1981.” American Libraries, 13, October 1982:595

Bernier, C. L. “Ethics of knowing.” Journal of the American Society for Information
Science, 36, May 1985:211-2

Magnis-Suseno, Franz. Etika sosial. Jakarta: APTIK bekerja sama dengan Gramedia
Pustaka Utama, 1991.

Pendit, Putu. Kode etik. 20 November 2000. i_c_s@groups.com.

UU RI No. 14 Th. 2005. Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta : Sinar Grafika















Lampiran
 Daftar hadir mahasiswa
 Silabus, Rencana Pembelajaran dan Hand Out
 Foto-foto kegiatan

















DAFTAR ISI
Pengesahan ……...……………………………………………………………… ii
Kata Pengantar …………………………………………………………………… iii
Daftar Tabel .......................................................................................................... iv
Daftar Isi ………………………………………………………………………… v
BAB I Pendahuluan …………………………………………………………… 1
1.1 Latar Belakang …….............................………………………… 1
1.2 Ruang Lingkup ………………………………………………… 1
1.3 Tujuan …....................………………………………………….. 2
1.4 Manfaat ……...........................………………………………… 2
BAB II Deskriptif Sekolah ……………….....………………………………… 3
2.1 Sejarah Sekolah ….....................………………………………… 3
2.2 Struktur Organisasi Sekolah …..................................…………… 4
2.3 Kurikulum ……………………………………..........…………… 5
2.4 Sumber Daya Manusia ………………………………………….. 6
2.5 Sarana dan Prasarana ...................................................................
BAB III Pelaksanaan Kegiatan PPL ………………….....................………… 7
3.1 Praktik Pembelajaran …………………………………………… 7
3.2 Praktik Administrasi Sekolah ………………………………….. 7
BAB IV Analisis dan Temuan ..............………………….....................………… 7
4.1 Analasis ……….....……………………………………………… 7
4.2 Temuan …….......……………………………………………….. 7
BAB IV Penutup …………..................................……….....................………… 7
5.2 Kesimpulan ……………………………………………………… 7
5.3 Saran …………………………………………………………….. 7
Daftar Pustaka ………………………………………………………………….. 8

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank You