RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMPN 3 BANGKINANG SEBERANG
Kelas : VII ( tujuh )
Mata Pelajaran : Keterampilan
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Aspek : Kerajinan
Standar Kompetensi : 2. Membuat benda kerajinan
Kompetensi Dasar :
2.3. Membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong, bentuk, dan rekat.
•
Indikator
1. Kognitif:
a. Menjelaskan bahan yang digunakan untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
b. Menjelaskan alat yang digunakan untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
c. Memperagakan langkah-langkah kerja untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami dengan teknik lipat, potong dan rekat.
d. Praktek membuat benda kerajinan (wadah) untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
2. Afektif
a. Taat peraturan/disiplin
b. Menghargai orang lain
c. Peduli dan bertanggung jawab
d. Tekun dan cermat
e. Teliti
f. Kerjasama
g. Percaya diri
3. Psikomotor
a. Membuat benda kerajinan (wadah) berfungsi pakai/hias berbahan lunak alami dengan teknik lipat, potong, dan rekat.
I. Tujuan Pembelajaran
a. Kognitif:
Setelah melakukan kegiatan ini siswa diharapkan dapat:
a. Menjelaskan bahan yang digunakan untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
b. Menjelaskan alat yang digunakan untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
c. Memperagakan langkah-langkah kerja untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami dengan teknik lipat, potong dan rekat.
d. Praktek membuat benda kerajinan (wadah) untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
b. Afektif
a. Taat peraturan/disiplin
b. Menghargai orang lain
c. Peduli dan bertanggung jawab
d. Tekun dan cermat
e. Teliti
f. Kerjasama
g. Percaya diri
c. Psikomotor
a. Trampil membuat pra desain.
II. Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Pembelajaran
Fakta : contoh bahan produk kerajinan
Konsep : membahas proses pembuatan produk kerajinan
Prinsip : contoh produk wadah kue dari daun pisang
1. Tahap awal : memperkenalkan contoh benda kerajinan dari bahan lunak alam (wadah)
2. Tahap pelaksanaan
a. Menjelaskan bahan yang digunakan untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
b. Menjelaskan alat yang digunakan untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
c. Memperagakan langkah-langkah kerja untuk membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami dengan teknik lipat, potong dan rekat.
d. Praktek membuat benda kerajinan (wadah) untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
3. Tahap akhir : membuat kesimpulan materi ajar
IV. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Demontrasi
d. Pemberian tugas
V. kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal 10 menit
a. Membaca Basmallah
b. Mengabsen siswa
c. Menyebutkan tujuan pembelajaran, SK, SD, Indikator
2. Kegiatan inti 20 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,:
Memperlihatkan bahan dan alat yang dapat digunakan untuk membuat benda kerajinan (wadah) berbahan lunak alami dengan teknik lipat, potong dan rekat, kemudian siswa diminta untuk mengamati bahan dan alat tersebut dan menuliskan nama dan jenis nya satu persatu dan guru memberikan bimbingan dan tuntunan.
Menjelaskan pada siswa tentang fungsi peralatan yang digunakan untuk membuat benda kerajinan berbahan lunak alami dengan teknik lipat, potong dan rekat kemudian siswa diminta untuk memperhatikan dan mencatat secara ringkas
Mendemonstrasikan teknik atau langkah-langkah pembuatan benda kerajinan berbahan lunak alami dengan teknik lipat potong dan rekat, dengan melibatkan siswa, kemudian siswa diminta memperhatikannya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa sehubungan dengan materi yang sudah dieksplorasi
Guru memberikan tugas membuat benda kerajinan berbahan lunak alami dengan teknik lipat, potong dan rekat, kemudian siswa mengerjakan tugas tersebut dengan bimbingan guru.
Konfirmasi
Masing-masing siswa memperlihatkan pada guru tugas yang sudah dikerjakannya dan guru membahasnya satu persatu di depan kelas
Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapinya, sebagai upaya menumbuhkan sifat berani mengemukakan pendapat, guru memberikan bimbingan, pengarahan
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan tulisan isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
3. Kegiatan Akhir 10 menit
Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
Mengadakan penilaian
Memberikan tugas secara individu
VI. Media dan Sumber bahan
• Karya kerajinan yang memeliki fungsi pakai/hias berbahan lunak alami dengan teknik lipat potong dan rekat.
• Gambar tentang jenis-jenis produk kerajinan yang memeliki fungsi pakai/hias berbahan lunak alami dengan teknik lipat potong dan rekat.
• Buku ketrampilan I untuk SMP kelas VII. Karangan Margono, M.Sn tahun 2007
VII. Penilaian
a. Teknik : Tes Tertulis
b. Bentuk : Tes Uraian
c. Contoh Instrumen :
1. Soal Teory :
a. Jelaskan bahan dan alat yang dapat digunakan untuk membuat produk kerajinan berbahan lunak alami dengan teknik lipat potong dan rekat
b. Jelaskan fungsi setiap peralatan yang digunakan untuk membuat produk kerajinan (wadah) berbahan lunak alami dengan teknik lipat potong dan rekat
2. Soal Praktik
Buatlah sebuah benda kerajinan (wadah) yang memeliki fungsi pakai yang terbuat dari bahan lunak alami dengan teknik lipat potong dan rekat
FORMAT PENILAIN HASIL KERJA/PRODUK
No. Nama Siswa Aspek yang dinilai Nilai total Nilai Akhir
1 2 3 4 5
Keterangan:
1 : pemilihan bahan 2 : teknik pengerjaan
3 : Bentuk yang ditampilkan 4 : kerapian
5 : finishing
Nilai Total : jumlah nilai semua aspek
Nilai Akhir : Nilai total/jumlah aspek
FORMAT PENGAMATAN AFEKTIF/KARAKTER PERILAKU:
No. Rincian Tugas Kinerja (RTK) D= memerlukan perbaikan C= menunjukkan kemajuan B= memuaskan A= Sangat Baik
1 Taat pada peraturan/disiplin
2 Menghargai orang lain
3 Peduli dan bertanggung jawab
4 Tekun dan cermat
5 Teliti
6 Kerjasama
7 Percaya diri
Mengetahui Mengetahui Bukit Tinggi, 9 Agustus 2012
Instruktur PLPG Instruktur PLPG Guru Mata Pelajaran
Sumarni, K
JOURNAL
Selasa, 02 Oktober 2012
RPP Keterampilan Seni Budaya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Thank You