A. topik permasalahan : program sebagai model desain pembelajaran
B. tugas perkembangan : 
• mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa.
• Perkembagan diri dan pemahaman.
C. bidang bimbingan : pribadi,social,belajar dan karier
D. jenis layanan : layanan informasi
E. fungsi layanan : pemahan dan pencegahan
F. tujuan layanan :agar siswa bias memahami model pembelajaran yang baik
G. sasaran layanan : kelas x
H. uraian kegiatan :  
• guru mengucap salam pembuka
• guru memberikan penjelasan tentang model pembelajaran
I. materi layanan :
MODEL PROGRAM SEBAGAI MODEL
          DESAIN PEMBELAJARAN
A. model program
model program merupakan suatu mnemonic yang mempunyai arti dalam kosa kata dalam bahasa Indonesia . model program adalah modifikasi dari model ASSURE yang merupakan singkatan dari : 
P: pantau pembelajaran atau peserta didik
R: rumuskan tujuan pembelajaran atau kompetisi 
O: olah materi atau isi dari mata ajaran
G: guna media,sumber belajar,dan metode yang sesuai
R: renungkan sejenak 
A: atur kegiata peserta didik atau pembelajaran
M: menilai hasil
Mafaat dan keterbatasan 
Manfaat : 
 sederhana,relative mudah diterapkan
 karena sederhana itu dapat dikembangkan sendiri oleh guru
 komponen PBM lengkap,biasa terjadi dikelas
 pembelajar dapat dilibatkan dalam persiapan PBM
keterbatasan : 
 tidak dapat mengukur dampak lain terhadap proses belajar karena tidak didukung oleh komponen supar system
 pekerjaan guru atau instruktur relative lebih banyak
 memerlukan upaya khusus yaitu mengarahkan pembelajar jika mereka dilibatkan dalam mendesain PBM
J. strategi layanan : 
• guru menyampaikan materi dengan menjelaskan dan memberikan contoh
• gru menjelaskan tujuan tentang materi yang akan disampaikan
K. tempat penyelenggara : ruang kelas x
L. waktu penyelanggara : 1x20 menit
M. penyelanggara layanan ; calon guru pembimbing
N. pihak yang disertakan :
O. alat perlengkapan : spidol dan papan tulis
P. rencana penilain
dan tindak lanjut : laiseg dan laijepen
Q. keterkaitan layanan 
dengan kegiatan 
pendukung:
R. catatan khusus :
JOURNAL
Sabtu, 28 Mei 2011
MODEL PROGRAM SEBAGAI MODEL DESAIN PEMBELAJARAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Thank You